MAN 2 Kudus tidak pernah sepi dari kegiatan kesiswaan. Setelah masa orientasi peserta didik siswa baru selesai minggu kemarin, minggu ini diadakan OPP ( Orientasi Pramuka Penegak) . Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan menjadikan siswa baru kelas X MAN2 kudus, agar menjadi anggota resmi Pramuka penegak , serta peresmian anggota kelas XI sebagai anggota CDA ( Calon Dewan Ambalan ) dan akan menggantikan jabatan dari DA ( Dewan Ambalan ) kelas XII.

Kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 23-24 juli 2011. Dimulai pada jam 15.30-10.00 WIB bertempat di Kampus MAN2 Kudus. Jumlah peserta dari kelas X yaitu 393 peserta, dari kelas X1-X10 yang menjabat sebagai penegak. Penyelenggara acara OPP ini adalah KUMARDIKA ( Teuku Umar dan Dewi Sartika ). Jumlah panitia OPP dari DA sekitar 30 orang. Pembina kegiatan adalah Bapak Heru Purwoko, S.Pd dan Ibu Aryanti Marinda, S.Pd, ditambah pelatih dari pramuka itu sendiri yaitu Kak Lasimim dan Kak Uti’atul Fajriyah.

Didalam acara OPP ini banyak sekali kegiatan diantaranya yaitu upacara pembukaan, renungan malam, bimbingan mental, pentas seni, api unggun, senam, ada juga outbond. Dilanjutkan peresmian siswa-siswi kelas X untuk mengikuti Pramuka penegak dengan pemasangan PIN Kumardika dan BET ambalan. Setelah itu penerimaan hadiah kepada sangga dan kelas yang berhasil menjadi juara disaat acara pensi. Acara diakhiri dengan upacara penutupan.

Dalam upacara pembukaan Wakamad Kesiswaan Bapak Saifuddin, S.Pd memberikan pesan agar siswa-siswi baru MAN2 Kudus tidak melupakan kegiatan Pramuka, tetapi harus diikuti dengan giat dan tekun. Contohnya seperti mengenali lagu-lagu kepramukaan, tata cara PBB dan kegiatan lain yang berkaitan dengan Pramuka.

“Jadikan pramuka sebagai kegiatan yang menyenangkan”, pesan beliau.

Hal-hal yang menarik saat OPP salah satunya yaitu saat renungan malam. Banyak dari Alumni MAN 2 yang dulunya menjadi anggota pramuka, ikut serta dalam memberikan pesan dan kesan yang cukup baik dengan tujuan agar kelas X tidak bersikap manja dan menjadi lebih dewasa. Para peserta juga disuruh membayangkan bagaiman kerja keras orang tua mereka untuk mensekolahkan anak-anaknya, sampai-sampai banyak dari peserta yang menitikkan air mata dan menangis.

Harapan dan kritik yang disampaikan dari ambalan DA Kumardika yaitu jika ada kegiatan kepramukaan diharapkan saat rapat harus di bahas dan diselesaikan secara matang, agar pelaksanaan kegiatan kepramukaan menjadi lebih baik dan teratur sesuai dengan konsep yang dibicarakan. Sehingga diharapkan acara serupa di tahun mendatang menjadi lebih lancar dari awal sampai akhir.



Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini2
mod_vvisit_counterKemarin77
mod_vvisit_counterMinggu ini661
mod_vvisit_counterBulan ini2191
mod_vvisit_counterSemua115310