Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, MAN 2 Kudus kembali mengadakan  psikotes  untuk siswa kelas X pada Minggu 23 Oktober 2011.  Psikotes merupakan alat bantu yang dapat dipakai untuk memberi gambaran tentang keberadaan individu dalam waktu yang relatif singkat. Gambaran yang diperoleh sesuai dengan tujuan tes yang diberikan, yaitu inteligensi, kemampuan, minat atau kepribadian.

Acara tersebut berjalan dengan lancar , peserta yang ikut  adalah siswa-siswi kelas X.  Dari 390 siswa-siswi kelas X, hanya 387 yang mengikuti tes tersebut dan 3 siswa-siswi berhalangan hadir. Tak lupa 7 orang siswi dari MA Banat juga mengikuti  psikotes susulan di MAN 2 Kudus. Psikotes dimulai dari jam 07.00- 12.00 dan berjalan dengan tertib.

 

Adapun tujuan psikotes ini adalah membantu pihak madrasah untuk memiliki gambaran akan potensi kemampuan siswa-siswinya, sebagai bimbingan belajar dan karir.  Dengan psikotes ini guru/orang tua dapat memahami kelemahan dan kekuatan siswa/anaknya, sehingga dapat mengarahkan mereka secara tepat. Siswa juga bisa mengenali kelemahan dan kekuatannya dalam kemampuan berpikir.  Sehingga dapat membantu siswa mengenali kemampuan dan minatnya agar dapat memilih jurusan IPA/IPS/Bahasa/Keagamaan maupun jurusan di perguruan tinggi, serta dapat membantu pihak sekolah dalam mengarahkan pemilihan jurusan yang tepat bagi siswanya.

Menurut  Bapak Drs. Rokhmat Musthofa sebagai koordinator guru BK di MAN 2 Kudus, psikotes ini berlangsung atas kerja sama dengan ABKI (Asosiasi Bimbingan Konseling Indonesia) cabang Kudus .  Merekalah sebagai lembaga resmi berkompeten dan berpengalaman dalam melakukan psikotes baik untuk pelajar maupun pegawai di lingkungan Kabupaten Kudus.

Materi tes yang diujikan dalam  psikotes tersebut meliputi : tes minat , tes bakat dan tes IQ .  Siswa-siswi  kelas X nampak serius mengerjakan soal psikotes dengan penuh semangat.

 



Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini96
mod_vvisit_counterKemarin128
mod_vvisit_counterMinggu ini479
mod_vvisit_counterBulan ini3087
mod_vvisit_counterSemua112724